Friday, May 24, 2019

10 Tips Menguasai Bahasa Inggris


Mayoritas orang akan mengalami ketakutan atau kecemasan saat harus berbicara dan berkomunikasi bukan dengan bahasa ibu. Dapat kita perhatikan orang yang terbiasa berkomunikasi dengan bahasa daerah, akan canggung bahkan tak jarang mengalami kesulitan jika harus berbicara dengan bahasa Indonesia. Begitu pula orang yang terbiasa berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, akan merasa kurang nyaman dan luwes jika harus berbicara dengan bahasa daerah. Terlebih lagi saat orang harus berbicara dengan menggunakan bahasa negara lain atau bahasa asing.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan dalam komunikasi internasional. Seolah-olah kita mutlak untuk menguasai bahasa ini juga ingin menjadi orang berkelas internasional. Nyaris tidak ada peluang bagi kita memperoleh dispensasi untuk tidak menggunakan bahasa inggris. Wawancara atau test kerja kerap menggunakan bahasa Inggris, dunia pendidikan menuntut kemampuan bahasa Inggris, petunjuk pemakaian suatu produk menggunakan bahasa Inggris dan masih banyak hal lain yang menuntut kita untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan artikel yang berjudul 10 Tips Menguasai Bahasai Inggris yaitu sebagai berikut :
  1. Tanamkan kesadaran yang kuat pada diri Anda. Bukan sekedar niat, namun aplikasi kan lah
  2. Carilah teman yang memiliki niat yang sama dengan anda atau temukan orang yang bisa diajak berbicara bahasa Inggris untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris Anda.
  3. Tambah lah perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda dengan menghafal minimal 3 kosakata baru dalam sehari. Buatlah kosakata tersebut ke dalam kalimat dan gunakan lah kosakata tersebut dalam percakapan Anda bersama teman.
  4. Gunakan internet sebagai media untuk melatih kemampuan bahasa Inggris Anda, carilah teman-teman dari berbagai Negara terutama yang menggunakan bahasa Inggris. Kirim lah e-mail berbahasa Inggris, Chatting lah dengan karena ini akan menguji kecepatan pemahaman bahasa Inggris Anda.
  5. Bacalah buku-buku berbahasa Inggris. Untuk permulaan, carilah bacaan ringan dan menyenangkan seperti novel atau cerita bergambar.
  6. Dengarkan program-program televisi berbahasa Inggris.
  7. Putar lah kaset lagu berbahasa Inggris, bacalah liriknya untuk mempelajari pronunciation kata-kata dalam lagu tersebut.
  8. Tonton lah film berbahasa Inggris, utamakan yang mencantumkan teks bahasa Inggris untuk mempelajari pengucapan (pronunciation), intonasi (intonation) dan penekanan (stressing) kata-kata dalam film tersebut.
  9. Sesekali, uji kemampuan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) atau TOEIC (Test of English for International Communication) Anda.
  10. Biasakan diri Anda. Berbicara menggunakan bahasa Inggris bagi kita orang Indonesia terasa sakit jika dipikirkan. Namun kenyataannya begitu banyak orang Indonesia yang fasih berbicara bahasa Inggris. Di sekolah-sekolah berstandar intenational atau yang mewajibkan siswanya berkomunikasi dengan bahasa Inggris, awalnya ditetapkan suatu disiplin ketat bahkan kadang menggunakan sistem hukuman untuk membiasakan para siswa nya berbahasa Inggris. Namun, pada akhirnya para siswa nya terbiasa dan fasih berbahasa Inggris, hal ini sesuai dengan pepatah "Bisa ala biasa"

Demikian 10 Tips Menguasai Bahasai Inggris semoga bermanfaat. Salam sejahtera buat kita semua.


2 comments

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon