Friday, May 24, 2019

8 Tips Mengatasi Rasa Cemas Ketika Berpidato


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara menggunakan pengeras suara di hadapan banyak orang. Agar pidato dapat berjalan baik dan lancar, perlu dilakukan beberapa persiapan sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh pendengar dan tercapai tujuan pidato.

Untuk banyak orang, berbicara di hadapan khalayak menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Mereka dibayang-bayangi oleh ketakutan dan kekhawatiran. Perasaan negatif yang menghambat dan menyelimuti talenta dan kemampuan yang mereka miliki.

Ada banyak cara untuk mempersiapkan mental, kuncinya adalah keyakinan kita pada diri kita sendiri. Berpikirlah bahwa Anda lebih menguasai topik yang akan Anda sampaikan dibanding dengan para pendegar. Percayalah bahwa kemampuan pidato anda seperti layaknya para pidato yang sudah handal.

Lakukan lah 8 Tips Mengatasi Rasa Cemas Ketika Berpidato dibawah ini guna untuk membantu :

  1. Persiapkan materi sebaik-baiknya
  2. Lakukan relaksasi sebelum Anda maju ke podium
  3. Minumlah segelas air putih untuk membantu Anda menenangkan diri. Tariklah nafas yang panjang, tahan, dan hembuskan.
  4. Ketika pembawa acara mempersilakan Anda, awali lah langkah Anda dengan doa. Katakan pada diri Anda dan yakini "Saya bisa, pasti bisa"
  5. Ketika Anda sampai pada mimbar atau podium, jangan langsung membuka pidato Anda. Sapukan pandangan Anda para seluruh hadirin dan tersenyum lah. Tak usah menatap satu persatu wajah yang ada di hadapan Anda, dikhawatirkan ada seorang yang membuat jantung Anda semakin berdebar dan meningkatkan kecemasan Anda.
  6. Atur nafas dan tenang kan diri Anda
  7. Kendur kan bahu yang menegang dan berdirilah senyuman Mungkin
  8. Mulailah perlahan-lahan seperti cara orang yang menyampaikan salam dengan penuh khidmat. Atau Anda bisa meneriakkan satu kata yang menarik perhatian hadirin, mengobarkan semangat orang lain, namun merupakan luapan dari rasa cemas Anda, misalnya seperti salam kemerdekaan. Namun, tentu saja kata-kata yang digunakan harus disesuaikan dengan tema pidato Anda.

Demikian 8 Tips Mengatasi Rasa Cemas Ketika Berpidato semoga bermanfaat.


1 comment

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon