Thursday, May 23, 2019

Cara Menentukan Format Ukuran Gambar Postingan

Meanindo - Gambar dalam postingan atau tulisan dalam blog merupakan hal yang penting. Namun begitu, kadang-kadang para blogger kurang memperhatikan format dan ukurang gambar yang bagaimana yang cocok dan ideal untuk sebuah postingan dalam blog. Gambar dapat menunjang blog tersebut menjadi bagus apabila dihiasi dengan gambar.

Di samping itu, format dan ukurang gambar pun dapat berpengaruh dengan kecepatan blog Anda. Salah dalam pemilihan format dan ukuran gambar dapat mengurangi kecepatan loading blog anda sendiri. Maka dari itu Anda harus cermat, dan teliti dalam menentukan format dan ukuran gambar ketika akan anda gunakan dalam blog anda. dan untuk peletakan gambarnya bisa anda letakan sesuai dengan selera Anda.

Seperti yang telah Admin tulis pada Artikel Cara Memilih Judul Blog Bagi Pemula Blogger, gambar juga begitu, usahakan harus milik sendiri  lebih baik atau gambar tersebut tidak memiliki hak cipta.

Gambar sebenarnya itu memiliki berbagai macam format, mulai dari JPG, GIF, PNG dan lain-lainnya, Namun yang paling tepat untuk gambar postingan adalah JPG, PNG dan GIF. Tapi Admin kebanyak menggunakan format gambarnya JPG dan PNG.

Baiklah, mari kita bahas satu persatu Cara Menentukan Format Ukuran Gambar Postingan untuk artikel blog Anda. Menurut Admin ada 3 (tiga) format gambar yang paling cocok dan paling banyak digunakan yaitu :

1. Format JPG (.jgp)

Jenis format gambar ini yang paling sering sekali digunakan oleh para blog untuk dimasukkan kedalam artikel atau postingan mereka. Namun begitu ada sebagian blog atau website tidak menggunakan format ini, alasan mereka mungkin karena formatnya terlalu banyak dipakai orang atau alasan lainnya. Untuk ukuran gambar format ini paling bagus digunakan dengan ukuran 700 x 400 pixel atau anda bisa sesuai dengan luas halaman postingan blong anda.

2. Format PNG (.png)

Jenis format PNG paling banyak di gunakan pada blog secara umum, karena jenis format gambar PNG mampu di edit dan di kompres sampai ukuran paling rendah (sekitar 70 %) Tanpa mengurangi kualitas gambar asli. Format PNG biasanya di gunakan untuk blog yang mengutamakan performa dan kecepatan loading, seperti blog tutorial.

3. Format GIF (.gif)

Jenis format ini biasanya mendukung ukuran gambar yang kecil, seperti logo dan semacamnya.

Untuk penggunaannya bisa kita sesuaikan menurut kebutuhan di blog kita, jangan memaksa menggunakan format gambar yang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan sesuai harapan

Sebelum melakukan upload gambar di artikel blog, alangkah baiknya gambar di kompres terlebih dahulu. Agar tidak membuat loading blog menjadi lambat. Cara ini bisa kita atasi melalui tool kompresi gambar, ukuran kapasitas gambar yang ideal adalah 65 – 115 kb. Tapi jika memungkinkan untuk ukuran yang lebih kecil akan semakin bagus, asalkan gambar masih tampak jelas.

Demikian artikel  Cara Menentukan Format Ukuran Gambar Postingan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Pembaca sekalian. Salam Sejahteran buat kita semua

Add Comments


EmoticonEmoticon