Monday, July 6, 2020

12 Adab dan Sikap Seorang Anak kepada Ibu Bapak


Berbakti kepada Ibu Bapak Kita merupakan suatu kewajiban seorang anak. Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk selalu berbuat baik dan berbakti kepada orang tua. Seorang anak wajib memiliki Adap dan Sikap yang benar kepada Ibu Bapak.

Berikut ini kami tuliskan 12 Adab dan Sikap Seorang Anak kepada Ibu Bapak yang harus diteladani oleh kita sebagai anak menurut Agama Islam yaitu :

1. Mendengarkan dan Mentaati Perkataan Ibu Bapak.
Hendaklah kita mendengar dan mengikut segala perkataan ibu Bapak selama tidak bertentangan dengan hukum Allah SWT. Mentaati orang tua adalah suatu kewajiban selama apa yang dikehendaki oleh orang tua itu tidak bertentangan dengan hukum Allah SWT.

2. Menghormati Ibu Bapak
Hendaklah kita berdiri ketika ibu bapak berdiri karena menghormatinya.

3. Menjunjung Segala Perintahan Kedua Orang Tua
Hendaknya kita menjunjung segalah perintahan orang tua. Sesuatu yang boleh menurut Agama tapi kalau diperintah oleh kedua orang tua maka hukumnya berubahan menjadi suatu kewajiban yang harus dikerjakan. Contohnya Berdiam di rumah. Berdiam di rumah merupakan suatu yang boleh, tapi kalau diperintahakan oleh orang tua untuk harus berdiam dirumah, maka perintah tersebut berubahan menjadi wajib kita patuhi.

4. Beradap Jika berjalan di depan Keduanya
Jangalah kita berjalan di depan kedua orang tua kecuali dengan sikap yang memiliki adap yang baik.

5. Mengecilkan Suara jika Berbicara dengan Kedua Orang Tua
Janganlah kita mengangkat suara lebih tinggi dari suara kedua orang tua kita.  Jadi suara kita harus lebih kecil dari suara orang tua.

6. Memperkenankan Panggilan Kedua Orang Tua
Hendaknya kita memperkenan atau menyahut panggilan orang tua walaupun kita sedang melakukan shalat sunat. Lagi shalat witir atau kita lagi baca Alquran misalnya, kita mendengar panggilan Ibu maka kita wajib menyahut dan memperkenan panggilan ibu kecuali apabila kita sedang melaksanakan shalat Fardhu.

7. Selalu Meminta Keridhaan Kedua orang Tua
Hendaknya kita selalu senantiasa meminta keridhaan dan meminta ampun kepada kedua orang tua. Guna kita selalu mendapat ridhanya Allah SWT.

8. Hendaknya Bersikap Tawadhu' terhadap keduanya
Hendaknya kita bersikap merendah diri di hadapan kedua orang tua. Bertutur kata yang lemah lembut. Jangalah kita berkata-kata yang dapat menyakiti hati orang tua apalagi sampai menyakiti kedua orang tua.

9. Jangan Menyebut-nyebut Kekurangan Keduanya.
Hendaknya tidak menyebut-nyebut kekurangan kedua orang tua di hadapan orang lain.

10. Jangan Melihat kepada keduanya dengan Pandangan sebelah mata/Hina
Hendaknya kita memandang orang tua kita dengan penuh kasih sayang, jangan sampai jika melihat orang tua dengan pandangan yang hina. Karena yang demikian merupakan sikap orang yang durhakan kepada orang tua.

11. Jangan Melihatkan Muka yang Musam
Janganlah kita memasang muka yang musam kepada orang tua.

12. Jika Berpergian atau Musafir, Hendaknya Meminta Izi kepada Kedua, meski tidak serumah dengan orang tua.

Itulah 12 Adab dan Sikap Seorang Anak kepada Ibu Bapak yang wajib kita patuhi guna kita menjadi orang berbakti kepada kedua orang tua. Keridhaan Allah terdapat pada keridhaan orang tua kita, murka Allah terdapat pada murkanya orang tua kepada Kita.

Add Comments


EmoticonEmoticon